Full width home advertisement

Opini

Serba Serbi

Post Page Advertisement [Top]

YOUTHINDONESIAN - Menyambut bulan Ramadhan adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan suci ini dianggap sebagai waktu yang sangat istimewa dan berkah, di mana umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam selama satu bulan penuh. Meskipun ritual puasa adalah praktik yang sama di seluruh dunia, cara menyambut Ramadhan dapat berbeda-beda di setiap negara, tergantung pada kebudayaan, tradisi, dan nilai-nilai lokal.


Berikut adalah beberapa cara menyambut Ramadhan di beberapa negara di seluruh dunia:


  1. Indonesia Di Indonesia, menyambut Ramadhan dimulai dengan acara ngabuburit, yaitu kegiatan berkumpul dengan keluarga dan teman-teman menjelang berbuka puasa. Beberapa makanan khas Ramadhan di Indonesia antara lain ketupat, opor ayam, sate, dan kolak. Selain itu, pada malam ke-27, umat Islam di Indonesia merayakan malam Nuzulul Quran dengan membaca Quran dan berdoa.

  2. Arab Saudi Di Arab Saudi, puasa Ramadhan sangat dihargai dan dianggap sebagai waktu yang sangat suci. Selama Ramadhan, umat Islam di Arab Saudi menghadiri tarawih, yaitu salat malam yang dilakukan setelah salat Isya. Selain itu, pada 27 Ramadhan, umat Islam di Arab Saudi merayakan Lailatul Qadr dengan membaca Quran dan melakukan doa.

  3. Turki Di Turki, menyambut Ramadhan dimulai dengan tradisi meniup terompet di jalan-jalan untuk membangunkan orang-orang yang berpuasa untuk makan sahur. Beberapa hidangan khas Ramadhan di Turki antara lain pide, yaitu roti yang diisi dengan daging atau keju, dan börek, yaitu pastri dengan isi daging atau sayuran.

  4. Mesir Di Mesir, umat Islam menghias rumah dan jalan-jalan dengan lampu dan lentera untuk memperingati Ramadhan. Makanan khas Ramadhan di Mesir antara lain ful medames, yaitu semacam sup kacang dengan telur dan bawang goreng, dan konafa, yaitu makanan penutup yang terbuat dari gula pasir dan keju.

  5. Amerika Serikat Di Amerika Serikat, umat Islam merayakan Ramadhan dengan berbuka puasa bersama-sama di masjid atau di rumah teman-teman. Beberapa makanan khas Ramadhan yang disajikan di Amerika Serikat antara lain korma, yaitu hidangan daging dengan kacang-kacangan dan rempah-rempah, dan samosa, yaitu pastri yang diisi dengan kentang, kacang-kacangan, atau daging.

Meskipun cara menyambut Ramadhan berbeda-beda di setiap negara, semangat untuk mengejar kebaikan dan keberkahan selama Ramadhan tetap sama di seluruh dunia. Selamat menyambut Ramadhan bagi umat.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Bottom Ad [Post Page]