Komunitas BKI Liburan, Mengubah Liburan menjadi Kebermanfaatan -->

Komunitas BKI Liburan, Mengubah Liburan menjadi Kebermanfaatan

Admin
Minggu, 07 Februari 2021

(Saat menghibur dan mengisi kegiatan sosial)


Lebak- Komunitas BKI Liburan mengadakan kegiatan BKI Liburan ke Kampung, Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2020 di Kp. Cirompang Desa Cirompang Kecamatan Sobang Lebak-Banten. 

Nenden Hasanah, perwakilan dari Komunitas BKI Liburan menyampaikan bahwa terbentuknya BKI Liburan karena adanya kegelisahan, keresahan, ketertarikan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan isu sosial masyarakat. 

"Komunitas BKI Liburan mulanya terbentuk saat adanya bencana longsor di mancak pada 6 Agustus 2016, pada saat itu merasa perlu dan butuh untuk action di lapangan, karena kami mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Pada akhirnya kami terjun ke lokasi bencana dan menemukan candu terhadap kegiatan-kegiatan sosial. Dari situlah, setelah melalui beberapa kegiatan sosial. Terbesitlah nama BKI Liburan yang sampai hari ini masih tetap erat. Kegiatan sosial adalah tujuannya... Liburan adalah Bonus" Ujar Nenden.

(Tim BKI Liburan)


"Kegiatannya BKI Liburan ke Kampung mengangkat kembali eksistensi permainan tradisional yang mana pada era milenial ini permainan tradisional sudah mulai terlupakan. Bahkan di pelosok kampung, sekarang sudah banyak yang mulai beralih permainan basis gadget" ujar Nenden. 

"Oleh karena itu, kegiatan ini dibuat sebagai salah satu cara kita untuk bisa merefresh otak mereka dan tubuh, serta meningkatkan kemampuan motorik mereka untuk wake up. semoga kedatangan kami memberikan dampak untuk anak-anak" harapnya. 

(Kado Apresiasi untuk anak-anak)


Dalam menyukseskan acara dan tercapainya tujuan, Kegiatan ini  berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Serang dan Fino Badut.

Inisiator Fino Badut, Aldi Reihan menyampaikan kegiatan yang dilakukan di masa pandemi covid-19 tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Kegiatan ini dilaksanakan dua hari, yakni pertama Kegiatan bersama anak-anak di TBM Lumbung Ilmu. Dan Hari kedua mengajak Relawan untuk mengenal salah satu objek wisata di Banten. Kegiatan ini dimulai dengan senam ceria bersama, dilanjut dengan permainan tradisional, belajar menghitung cepat menggunakan rumus untuk kelas 4-6 SD, Mewarnai untuk PAUD dan Kelas 1 SD, Membuat Puisi kelas 2 dan 3, Mendongeng tentang edukasi Corona, berbagi keceriaan bersama badut Fino, Dino, dan Spiderman. Serta Penyerahan Meja Belajar, Buku bacaan, buku tulis dan lain sebagainya untuk TBM" Ujarnya. 

(Sinergi dengan TBM)


"Harapan kedepannya silaturahmi dan Kolaborasi tetap terjalin agar terus menebar manfaat di pelosok desa. untuk anak-anak, semoga tetap ceria dalam belajar dan meraih mimpinya" harapnya.

Ketua Taman Baca Masyarakat (TBM) Lumbung Ilmu, Dede Lukman mengatakan bahwa peran pemuda dan komunitas sangat penting.  

"TBM Lumbung Ilmu hadir karena Kesadaran pemuda untuk sama-sama mengambil peran dalam pembangunan kesadaran sumber daya manusia melalui TBM" ujar Dede. 

"Kegiatan BKI Liburan ke kampung ini sangat luar biasa, karena sebelumnya anak-anak sangat rindu kegiatan belajar dan bermain, maka dari itu dengan adanya kegiatan pada ini sangat antusias luar biasa. mari mengambil peran di masa pandemi, pemuda bisa melakukan pembelajaran dan Edukasi untuk anak-anak. kami mengharapkan untuk temen-temen TBM dan Komunitas BKI Liburan tetap konsisten untuk melakukan kegiatan sosial, semoga tali silaturahmi kita tetap kita jaga secara berkelanjutan" tutupnya.