-->
  • Jelajahi

    Copyright © Youth Indonesian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jumat Berbagi, Latih Karakter Siswa SDN Cipocok Jaya 1 Agar Saling Peduli

    Admin
    Rabu, 02 November 2022, November 02, 2022 WIB Last Updated 2022-11-02T09:17:25Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    YOUTHINDONESIAN - Pendidikan karakter, tentulah perlu diajarkan kepada anak sedini mungkin. Hal ini seperti yang dilakukan oleh beberapa guru kelas yang ada di SDN Cipocok Jaya 1, yaitu dari kelas 4A, 5A, dan 5C. Mereka melatih pendidikan karakter tersebut dengan berbagi kepada sesama yaitu dengan kegiatan bertukar makanan ringan (snack) kepada teman –teman di setiap kelasnya masing-masing. 

    Program kegiatan bertukar snack ini dilakukan sejak awal September 2022. Bentuk kegiatannya adalah siswa membawa masing-masing 3 snack baik itu makanan ringan ataupun minuman (tidak memberatkan siswa), dengan dipandu oleh guru kelas, kemudian snack di dikumpulkan menjadi satu di atas meja, setelah seluruh snack dikumpulkan, snack dibagikan kembali secara acak kepada siswa.

    Siswa yang melaksanakan shalat subuh mendapat snack terlebih dahulu, begitupun kepada siswa yang datang awal ke sekolah. Hal ini dilakukan untuk melatih siswa terbiasa bangun pagi dan disiplin terhadap waktu.

    Guru kelas 5C, Entis, menjelaskan kegiatan bertukar snack adalah untuk menumbuhkan rasa empati, kepedulian dan kekompakan terhadap antar sesama siswa.

    ‘’Dengan kegiatan ini melatih siswa supaya terbiasa bersedekah dan melatih jiwa sosial antar sesama manusia,’’ pungkasnya. Pihaknya menyebut kegiatan tersebut juga didukung penuh orang tua dan wali siswa.

    Dia menjelaskan, melalui kegiatan ini, memberi pengaruh yang positif kepada siswa, ‘’mereka menjadi senang dan terbiasa dengan kegiatan berbagi ini, yang tadinya cuek sama yang namanya berbagi menjadi terbiasa’’. Jelasnya.

    Kegiatan ini akan terus dilanjutkan secara rutin selama mengajar di SDN Cipocok Jaya 1, tambahnya.***
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Ekonomi & Bisnis

    +