Brief Therapy, Belajar Teknik Therapy sederhana bareng Rumah Sehat Jiwa




Serang- 28/09, Siang itu sekira pukul 14:00, terlihat seorang lelaki berkacamata dengan setelan kemeja putih lengan panjang dan celana jeans, bersama beberapa pelayan resto terlihat sedang sibuk mengarahkan dan menata beberapa meja dan kursi di sebuah resto food court di daerah kota Serang, tepatnya di daerah warung pojok kota Serang. Siang itu akan digelar acara Brief Therapy, yaitu berupa workshop singkat tentang tekhnik terapi yang bisa diterapkan secara mandiri ataupun pada klien. Acara ini digelar oleh Rumah Sehat Jiwa yang kerjasama dengan Community of Counselor.

Rahmat Albafaraj, selaku ketua pelaksana saat diwawancarai mengenai alasan dan tujuan kegiatan ini mengatakan bahwa acara ini digelar dengan tujuan agar memberikan kemudahan kepada masyarakat umum, khususnya para konselor agar minimal mengetahui teknik dasar terapi bagi kesehatan jiwa (mental health). Rumah Sehat Jiwa menghadirkan Roby Martin sebagai tutor dan pemateri yang sudah bergelut dengan dunia terapis kurang lebih hampir 10 tahun, salah satu terapi sederhana yang diajarkan adalah teknik pernafasan buteyko yang ditemukan oleh ilmuan rusia bernama Konstantin Pavlovich Buteyko, lalu ada terapi yang melibatkan emosional yang meliputi terapi tertawa ataupun menangis, metode meracau atau gibberish untuk membersihkan pikiran bawah sadar dari memori negatife. Kegiatan terakhir ditutup oleh materi yang disampaikan oleh Mas Fredy yang memaparkan tentang pemisahan jenis-jenis masalah yang didasarkan pada asal kondisi, yaitu masalah yang berada di dalam diri kita dan bisa kita selesaikan sendiri, masalah yang berada diluar diri kita dan bisa kita pengaruhi dan jenis masalah yang berada diluar kendali kita.


Rahmat Albafaraj mengatakan bahwa Brief therapy ini kedepannya akan dilaksanakan secara berkesinambungan (kontinuitas). Tidak hanya satu kali, tapi sampai beberapa kali pertemuan, karena walaupun namanya brief alias singkat, tapi bukan berarti betul-betul singkat. Karena untuk bisa menguasai atau mendapatkan sesuatu dengan maksimal, tidak ada cara yang singkat atau cepat, hanya saja metodenya dibuat lebih sederhana dan mudah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama