Full width home advertisement

Opini

Serba Serbi

Post Page Advertisement [Top]


YOUTHINDONESIAN - Muhadhoroh adalah salah satu dakwah bil lisan. Muhadhoroh menjadi salah satu kegiatan mingguan yang wajib di ikuti oleh siswa MAN 1 Kota Serang. Setiap hari Kamis para siswa dikumpulkan di Masjid Nyimas Ratu Aisyah Tjokro untuk mengadakan kegiatan ini.

Karena kegiatan muhadhoroh ini rutinan maka setiap kelas pasti mendapatkan giliran untuk melakukan muhadhoroh ini mulai dari kelas 11 hingga kelas 12 di tiap jurusannya. Acara ini diadakan setiap hari Kamis pagi jam 07.00 sampai dengan 08.00 wib.

Susunan acara kegiatan muhadhoroh biasanya diawali dengan pembukaan oleh MC, lalu Ceramah 4 bahasa: Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris lalu dilanjutkan oleh bahasa daerah yang dipilih oleh siswa itu sendiri baik itu bahasa Sunda maupun bahasa diluar Sunda seperti bahasa Lampung، bahasa Jawa-Serang dan lain lain lalu ditutup oleh pembacaan doa.

Adapun tujuan kegiatan muhadhoroh ini menurut Drs. Uus Kadarusman M. Ag selaku pembina muhadhoroh mengatakan, "kegiatan ini bertujuan untuk (1) melatih keberanian siswa untuk menyampaikan pikirannya, gagasannya, pendapatnya. (2) karena muhadhoroh ini isinya pesan pesan keagamaan, lewat muhadhoroh maka pesan keagamaan dapat tersampaikan untuk semua siswa yang hadir dalam kegiatan muhadhoroh ini. (3) tujuan muhadhoroh sendiri ini berkaitan dengan prestasi siswa, jika memang penampilan siswa dalam muhadhoroh ini bagus, maka siswa ini akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut untuk dikirim ke acara acara lomba yang berkaitan dengan ceramah atau pidato baik yang berbahasa Indonesia, Inggris dan Arab."

"Hasil dari kegiatan pembinaan ini pun sudah terlihat dimana kelas 12 sebagai kelas tertua itu lebih siap dan lebih bisa dalam berceramah atau berpidato didepan khalayak umum, sedangkan untuk kelas 11 karena masih berlatih dan sebagai ajang yang pertama untuk berlatih berpidato atau ceramah jadi masih goyang walaupun sudah ada beberapa yang memang siap." Ucapnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Bottom Ad [Post Page]