Kekayaan Tradisi Daerah Sendiri


Menjadi sakti sudah menjadi suatu kearipan bagi masyarakat adat sunda banten selatan. Para jawara yang memiliki ilmu kebal yang tak mempan dengan senjata  tajam. Atraksi ini merupakan bagaian dari Ritual Upacara Adat Seren Taun prosesi ini sebagai pesta panen ala Kesepuhan Cisungsang. Komunitas masyarakat adat ini, mereka yang tinggal di kawasan Cisungsang, Banten bagian Selatan. Mereka yang tinggal dikawasan tersebut bertahan dengan cara bertani tradisional dengan itu sanggup memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

Pada acara adat Seren Taun, arak-arakan padi yang dihasilkan dari panen itu diawali dengan atraksi-atraksi para jawara, kesenian-kesenian hingga sresehan dengan pihak pemerintahan provinsi Banten. Yang mana merupakan sebuah macam simbol padi adalah sebagian hasil bumi yang sangat begitu berharga yang harus dijaga seharga nyawa.ritual ini merupakan ungkapan rasa syukur atas limpahan rizki yang telah diberikan sang Maha Pencipta. Masyarakat sekitar kadang menyambutnya dengan rasa syukur dan pesta panen. Adanya Seren Taun ini menjadi salah satu ritual wajib bagi masyarakat adat kesepuhan cisungsang di Lebak.

Ritual upacara adat seren taun kesepuhan cisungsang selalu memiliki kegiatan hiburan rakyat yang khas dengan masyarakat adat dan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada umumnya dan wisatawan luar daerah Banten.

 

Oleh : Maria Ulfa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama