-->
  • Jelajahi

    Copyright © Youth Indonesian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Raja-Raja Kesultanan Banten

    Admin
    Sabtu, 12 September 2020, September 12, 2020 WIB Last Updated 2022-09-09T08:50:15Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kerajaan Banten adalah salah satu kerajaan Islam tertua di Banten. Pada awalnya kerajaan Banten saat itu berada di bawah kekuasaan kerajaan Demak , Namun kerajaan Banten melepaskan diri dari kerajaan Demak saat dibawah kepemimpinan Sultan Hasanuddin. Tidak hanya Sultan Hasanuddin saja yang di kenal di Banten, ternyata masih banyak lagi para pemimpin pada masanya .

    Raja Raja kerajaan Banten

    Mungkin kebanyakan orang tidak mengenal banyak raja raja yang ada di Banten , mungkin yang sangat di kenal masyarakat luas hanya Sultan Hasanuddin saja, ternyata masih banyak lagi . Berikut ini raja raja yang ada di Banten .

    Sultan Hasanuddin

    Sultan Hasanuddin pertama di angkat menjadi raja Banten dan memerintah selama 18 tahun. Pada masa kepemimpinannya perekonomian di Banten melesat maju karena ia berhasil membangun pelabuhan yang dapat menghubungkan pedagang dari daerah lain singgah ke Banten. Sultan Hasanuddin kemudian wafat pada tahun 1570 diganti oleh putranya yakni Maulana Yusuf.

    Maulana Yusuf

    Pada masa kepemimpinannya Maulana Yusuf berhasil menaklukan kerajaan di Pakuan Bogor dan juga berhasil menyingkirkan raja Pajajaran yakni prabu sedah sehingga banyak membuat rakyat Pajajaran yang mengungsi ke pegunungan dan sampai sekarang dikenal dengan suku Badui.

    Maulana Muhammad

    Maulana Yusuf yang wafat lalu digantikan oleh putranya yakni Maulana Muhammad yang naik tahta saat usianya masih 9 tahun sehingga pemerintahan dijalankan oleh Mangkubimu Jayanegara sampai Maulana Muhammad beranjak dewasa dan memerintah tahun 1580 sampai dengan 1596.

    Pangeran Ratu

    Pangeran Ratu atau dikenal dengan Abdul Mufakhir merupakan raja ke empat dan pengganti Sultan Maulana Muhammad. Pada saat tahta beliau masih berusia 5 bulan, sehingga kepemerintahan dibantu oleh Mangkubumi Ranamanggela.

    Sultan Ageng Tirtayasa

    Sepeninggalnya, Pangeran Ratu, Kerajaan Banten diduduki oleh anaknya, Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam masa pemerintahan beliau inilah, Kerajaan Banten mengalami kemajuan yang pesat. Bahkan, Kerajaan Banten menjalin hubungan dengan negara luar, seperti Moghul dan Turki.

    Sultan Abdul Nasar

    Sultan Abdul Nasar. Selama masa pemerintahan, beliau masih bersikukuh tidak mau bekerja sama dengan Belanda. Sayangnya, kekuasaan Belanda semakin kuat. Alhasil, Kerajaan Banten menjadi runtuh.


    Oleh: Pipit

    UIN SMH Banten

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Ekonomi & Bisnis

    +