Edukasi Pemanfaatan Sampah, Kontribusi Jaga Kelestarian Bumi


Youthindonesian  -- Minggu, 9 Januari 2022, Komunitas Rehabilitasi Pandeglang melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan tema “Mengenal Jenis Sampah dan Bagaimana Cara Memanfaatkannya”. Tema kegiatan ini dibawakan oleh Kak Wida (Anggota Rehabilitasi Pandeglang). Dalam kegiatan ini, komunitas Rehabilitasi Pandeglang berkolaborasi dengan komunitas Posyandu Rebahan desa Teluk yang diikuti kurang lebih 20 peserta.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk ajang silaturahmi sekaligus edukasi kepada para remaja agar lebih peka terhadap permasalahan sampah, tentang sampah yang sering kita anggap sebagai barang yang tidak berguna dan berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA).

TPA bukanlah solusi bagi permasalahan sampah, menurut Sekda Pandeglang Tahun 2021 ada lebih dari 300 ton sampah per harinya tidak terangkut ke tempat pembuangan khusus yang disiapkan pemerintah. Maka dari itu, pengolahan sampah harus dimulai dari diri kita sendiri. Saat ini kita semua harus bisa memanfaatkan sampah dari barang yang tidak berguna menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis.


"Kita ditantang untuk kreatif memanfaatkan barang-barang tidak terpakai menjadi lebih bermanfaat" Ungkap Wida

Memanfaatkan sampah tidak sebatas hanya mengumpulkan dan menjualnya ke pengepul, melainkan bisa kita buat menjadi benda yang unik dan kreatif, seperti membuat aksesoris, kursi ecobrick, pot bunga dan lain sebagainya.

Hal ini harus kita tanamkan sejak dini kepada para remaja agar lebih peka terhadap lingkungan dan mulai berpikir kreatif dalam memanfaatkan sampah agar tidak berakhir di TPA.

Selain mengajarkan bagaimana cara memanfaatkan sampah, dalam sosialisasi ini juga dipaparkan jenis-jenis sampah yang sering kita jumpai di sekitar kita dan lamanya jenis sampah tersebut bisa terurai. Beberapa jenis sampah malah ada yang tidak bisa terurai, inilah yang berbahaya. Jangan sampai sampah yang kita jumpai saat ini, justru malah kita wariskan kepada anak cucu.

Maka, diharapkan dengan dilakukannya sosialisasi ini akan menumbuhkan kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan memanfaatkan sampah agar menjadi lebih bernilai, agar tidak kita wariskan dampak buruknya pada anak-cucu. Karena, apa yang kita lakukan sekarang akan dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama