-->
  • Jelajahi

    Copyright © Youth Indonesian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Audiensi Alumni PKPMN Angkatan IV Dorong Kolaborasi dan Peningkatan IPP

    Admin
    Senin, 23 Oktober 2023, Oktober 23, 2023 WIB Last Updated 2023-11-28T16:07:20Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    YOUTHINDONESIAN - Serang, 23/10/2023 - Alumni Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan IV Kemenpora RI asal Banten melakukan audiensi dengan Dispora Provinsi Banten di Kantor Dispora Provinsi Banten KP3B pada Senin, 23 Oktober 2023.

    Alumni PKPMN Angkatan IV asal Banten terdiri dari 5 orang yaitu Destya Ramdayani, Emar Muamar, Endang Kurnia, Melisa dan Yugni Maulana Aziz yang merupakan pemimpin muda terbaik dari masing-masing daerah. Para pemimpin muda nasional yang mengikuti pelatihan PKPMN yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI juga mendapatkan pendidikan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI yang merupakan lembaga pemerintah non kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

    Para alumni Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan IV berkunjung untuk mengadakan audiensi dengan pihak Dispora Provinsi Banten. Audiensi ini dalam rangka melakukan koordinasi dengan pihak Dispora Banten terkait arahan dari Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI serta kolaborasi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Provinsi Banten.

    Perwakilan dari alumni PKPMN Angkatan IV Emar Muamar dan Endang Kurnia disambut oleh Rudi Prihadi selaku Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda serta Imam Santoso yang merupakan Fungsional Analis Kebijakan Dispora Provinsi Banten.

    Para alumni PKPMN Angkatan IV yang telah melalui pelatihan kepemimpinan nasional sebagai bagian dari pendidikan mereka, membawa gagasan-gagasan yang inovatif dan konstruktif untuk kemajuan Banten. Mereka berbagi pengalaman dan pemahaman mendalam mengenai pentingnya pembinaan kepemimpinan muda di tingkat daerah maupun nasional.

    Endang Kurnia selaku sekretaris umum alumni PKPMN Angkatan IV menyampaikan pentingnya daerah untuk melaksanakan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Daerah (PKPMD) guna membina dan menyaring pemuda berprestasi dan pemimpin terbaik daerah yang nantinya akan mengikuti PKPMN.

    "Kami berharap daerah dapat melaksanakan PKPMD sebagai bentuk pembinaan pemimpin muda daerah dan ajang seleksi bagi mereka yang nantinya akan mengikuti PKPMN sehingga ada peran dari Dispora dalam peningkatan kualitas pemimpin muda" Ungkap Endang.

    Pihak Dispora Provinsi Banten menyambut baik saran yang disampaikan oleh alumni PKPMN IV asal Banten tersebut dan menunggu regulasi resmi dari Kemenpora RI.

    "Kami mengapresiasi usulan adik-adik alumni PKPMN hanya saja untuk tahun depan mungkin tidak bisa karena sudah terlanjur ditetapkan program kerjanya. Sebenarnya kami sudah ada kegiatan latihan kepemimpinan dasar sebagai penunjang Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional, hanya saja formatnya sedikit berbeda dengan PKPMN. Kalau untuk Pendidikan Kader Pemimpin Muda Daerah mungkin bisa dilakukan ditahun 2025 menunggu surat resmi dari Kemenpora" Kata Rudi.

    Endang menambahkan bahwa saat ini Kemenpora sedang menyusun Permenpora yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan untuk pelaksanaan PKPMD di daerah-daerah se-Indonesia.

    Alumni PKPMN lainnya, Emar Muamar selaku koordinator daerah Banten mengusulkan adanya kolaborasi strategis antara alumni PKPMN dengan Dispora sebagai upaya dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

    "Pemuda sebagai entitas pembangunan bangsa harapannya tidak hanya dijadikan objek tetapi sebagai subjek juga. Kami berharap pemuda dapat dilibatkan dalam upaya peningkatan IPP terkhusus di Banten. Jika Dispora hanya berjalan sendirian tentu tidak akan cukup, kami berharap adanya kolaborasi konkret antara pemuda dengan Dispora kedepannya" Usul Emar.

    Sementara Imam Santoso menjelaskan program kerja Dispora terdekat dalam merayakan hari sumpah pemuda serta mendukung keterlibatan pemuda dalam peningkatan IPP.

    "Dalam waktu dekat Dispora Provinsi Banten akan merayakan hari sumpah pemuda dengan mengadakan dialog kepemudaan yang bertujuan untuk merangsang diskusi dan ide-ide segar dari pemuda dalam upaya memajukan daerah, meskipun kita tidak melakukan upacara. Terkait kolaborasi tentu hal yang bagus nanti akan kita libatkan adik-adik alumni PKPMN dan pemuda lainnya dalam kegiatan tersebut" Kata Imam.

    Alumni PKPMN Angkatan IV asal Banten juga menyampaikan bahwa ada proyek perubahan yang akan dilaksanakan oleh masing-masing alumni dan berharap adanya dukungan serta kolaborasi dari pihak Dispora.

    Audiensi ini menjadi langkah positif dalam memperkuat keterlibatan pemuda dalam proses meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) terkhusus di Provinsi Banten. Diharapkan dialog yang konstruktif ini akan menjadi langkah awal yang penting menuju masa depan yang lebih cerah bagi Banten dan generasi muda yang akan memimpinnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Ekonomi & Bisnis

    +