Mengetuk Pintu Kepedulian Sampai ke Pelosok Kampung

Rasulullah SAW bersabda bahwa ”sedekah itu merupakan bukti keimanan seseorang dan mereka yang bersedekah akan memperoleh pahala yang besar di sisi Allah SWT” (HR. al-Baihaqi)
Keutamaan sedekah terdapat dalam beberapa firman Allah Swt salah satunya dalam Qs. Al-A’raf: 56 yang artinya, “orang bersedekah berhak mendapat rahmat Allah SWT”.

Jembatan kasih merupakan salah satu komunitas sosial yang didirikan oleh salah satu anak muda banten yang memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan sekitar, hususnya di banten.
Hafas ali, salah satu alumni mahasiswa di UIN SMH Banten tahun  2019 ini memiliki tekad yang kuat untuk mengembangkan kepedulian social secara nyata meski seadanya.

Beberapa program jembatan kasih yang sudah berjalan ialah santunan anak yatim dan dhuafa secara door to door di pelosok banten diantaranya; walantaka, kragilan, labuan-pandeglang, malingping-lebak dan beberapa daerah lainnya. Door to door merupakan salah satu cara jembatan kasih untuk berinteraksi secara langsung dengan mustahiq di pelosok banten, guna menjaga amanah muzakki bahwa harta yang dikeluarkannya melalui jembatan kasih benar-benar tersalurkan dengan baik sebagai mana mestinya.

Meski dilalakukan secara door to door, relawan jembatan kasih menerapkan 0% tidak mengganggu gugat hak mustahiq untuk kebutuhan transport dan lain sebagainya. Karena komitmen relawan jembatan kasih adalah pure kesadaran social yang tinggi dan siap memberikan keprcayaan secara optimal kepada muzakki juga merupakan pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT.

Bingkisan yang diberikan jembatan kasih dalam 3 tahun berjalan berupa; sembako, dan ampau. Kualifikasi mustahiq yaitu, yatim, piatu usia 12 tahun ke bawah, jompo dan dhuafa. Pembagian dan data yang didapatkan sesuai dengan hasil observasi coordinator relawan di wilayahnya masing-masing.

Tahun ke- 4 ini kami ingin memberikan tambahan berupa pakaian baru untuk saudara-saudara kita yang hanya mampu membeli pakaian 1 tahun 1 kali. Jadi, harapannya bukan hanya sekedar bingkisan berupa sembako dan ampau, melainkan ada sesuatu yang bisa dikenakan dengan rasa bahagia saat perayaan ied fitri 1442 H.

Pembagian bingkisan akan dilaksanakan H-10 oleh beberapa relawan jembatan kasih sesuai dengan coordinator setiap wilayah. Jarak dan waktu Sudah menjadi bagian dari resiko kami saat berbagi kebahagiaan, karena lelah kami terbayarkan dengan semangat berbagi dan senyum bahagia mustahiq dipelosok desa. 
Menjembatani tanpa pamrih, sesuai dengan motto kami yaitu, incredible, inovatif dan sinergis.

Sobat sosial yang ingin menitipkan sebagian rizqinya melalui jembatan kasih dan melihat kegiatan-kegiatan kami yuk follow Instagram @jembatankasih. InsyaAllah segala kebaikan yang diberikan sobat social akan dibalas oleh Allah SWT dengan berlipat ganda. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Qs. Al-Baqarah: 261 yang artinya, “Dengan berinfak sahabat akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, Allah sendiri yang akan memberi balasan bagi orang-orang yang telah menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT”.

Mau ikut berbagi juga? bisa melalui BANK BRI Syariah 103 771 7677 a/n. Mayang Irwanti

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama