Karaos_karaos, Usaha Anak Muda Asal Labuan, Tetap Bertahan Walau Diterjang Tsunami dan Pandemi


Youthindonesian-- Istilah raos mungkin bagi orang Sunda bukanlah istilah yang asing, raos yang artinya "enak" dalam bahasa Sunda halus, menjadi salah satu jenama usaha yang akhirnya digunakan oleh Fikri Al Jufri, pemuda asal Teluk, Labuan, Pandeglang-Banten, ia menggunakan jenama karaos_karaos untuk usaha yang dirintis dan dibangunnya, yaitu usaha di bidang kebutuhan fashion dan souvenir yang masih berkaitan dengan percetakan, seperti sablon, kaos polosan, cetak sablon untuk goodie bag, masker dan sejenisnya. Harapannya, dengan nama tersebut, bisa memberikan kenyamanan dan enak dipakai oleh para konsumen.


Ada kisah unik sekaligus motivatif dari usaha yang dirintis oleh pemuda bernama Fikri ini, yang pertama, saat pertama kali mulai merintis usaha karaos di tahun 2018, sebuah musibah besar menerjang di sekitar wilayah tempatnya merintis usaha, yaitu Tsunami selat Sunda yang terjadi pada akhir tahun 2018, di sekitar wilayah Teluk-Labuan, akibat musibah tersebut, usahanya menjadi sangat terdampak.


Tapi, Fikri tak menyerah, segera setelah recovery bencana, ia mulai lagi menggerakkan usahanya. Ia tak mau menyerah terhadap keadaan, dengan gigih ia memutar otak untuk membuat usahanya bisa bangkit lagi, mulai dari memasarkan melalui online sampai menawarkan kepada jejaring rekanan yang dikenalnya, seperti komunitas dan sejenisnya.


Ternyata, ujian terhadap usahanya, tak berhenti sampai di situ, baru saja mulai bangkit sedikit demi sedikit, tiba-tiba di tahun 2019 dihadapkan pada pandemi covid19, yang dampaknya adalah turunnya daya beli konsumen yang menyebabkan orderan jadi menurun.



Tapi, seperti yang sudah-sudah, berbekal pengalaman dan banyak hal yang pernah dilalui, kejadian pandemi tersebut tak pernah membuat semangatnya surut, justru malah makin menguat, berbagai upaya dan strategi digunakannya untuk membuat usahanya agar bisa terus berjalan. Dan, Alhamdulillah, sampai sekarang usahanya masih bertahan dan berjalan. Ini semua tidak terlepas dari pelayanan dan kualitas yang diberikan. Selain strategi pemasaran, memberikan kualitas dan layanan terbaik akan membuat konsumen menjadi loyal dan melakukan repeat order, bahkan memberikan rekomendasi kepada orang-orang.


"Harapan Fikri, mudah-mudahan usahanya bisa lebih meluas cakupannya, gak hanya di sablon aja, tapi bisa menjadi percetakan yang lebih besar. Biar bisa bantu kebutuhan banyak orang di bidang percetakan, apalagi sekarang geliat ekonomi udah mulai bangkit, mungkin akan ada banyak kebutuhan cetak. Mohon do'anya aja, mudah-mudahan usahanya bisa terus sustainable (berkelanjutan)" Ungkapnya.


Karaos_karaos tidak hanya menyediakan layanan sablon, tapi juga menjual kaos polosan, cetak sablon di goodie bag, masker dan lain sebagainya. Dan, pesanan bisa dikirim melalui paket, COD (cash on delivery) atau datang langsung ke tempat workshop di Kp. Nelayan I, Teluk, Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten 42264, agar lebih mudah, ini ada link mapsnya
https://maps.app.goo.gl/8TooLdaA9qkxrSzf6
Atau bisa kepoin di akun Instagram @fikri.jufri
dan @karaos.karaos.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama