-->
  • Jelajahi

    Copyright © Youth Indonesian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Inilah 3 hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin maupun calon pemimpin

    Admin
    Minggu, 20 Februari 2022, Februari 20, 2022 WIB Last Updated 2022-07-23T16:45:15Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Menjadi seorang Pemimpin tidak lepas dari diri pribadi manusia pada umumnya, semua manusia adalah seorang pemimpin, untuk dirinya sendiri maupun orang lain, untuk Keluarga, Kelompok Masyarakat, Komunitas, Organisasi, Bangsa dan Negara. 

    Menjadi pemimpin adalah bentuk dari sebuah keharusan yang dijalankan bagi setiap manusia, tentu tidak semudah yang kita bayangkan, banyak yang mengatakan menjadi pemimpin itu harus memiliki kemampuan tersendiri seperti bijaksana, tegas, adil, dll. Itu semua sudah menjadi pengetahuan umum di kalangan Masyarakat.

    Pemimpin mana yang tidak tahu dengan kutipan “Leiden is Lijden” Pepatah kuno Belanda itu dikutip oleh Mohammad Roem dalam karangannya berjudul "Haji Agus Salim, Memimpin adalah Menderita". Pepatah ini memberikan pemahaman mendalam kepada kita bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah semudah yang kita bayangkan, butuh kepribadian yang kuat untuk menjalankannya.

    Kemudian bagaimana cara untuk menjadi pemimpin, ini adalah 3 hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin maupun calon pemimpin:

    1. Managerial Control
    Sistem kontrol manajemen perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, dia harus bisa mengatur seluruh aspek dalam struktur sesuai dengan kondisi yang ada. mengumpulkan dan menggunakan informasi untuk mengevaluasi kinerja berbagai sumber daya organisasi seperti manusia, fisik, keuangan, dan juga organisasi secara keseluruhan mengingat strategi organisasi yang ditempuh.

    2. Ketenangan
    Memiliki ketenangan adalah sebuah mentalitas yang perlu dikuasai, terkadang kita sering melihat banyak sekali pemimpin yang bijaksana, adil, dan baik. Tapi sulit bagi yang tidak memiliki ketenangan hati dan jiwa, banyak mereka yang terbawa suasana dan pada akhirnya merusak reputasi sebagai seorang pemimpin. Perlunya ketenangan hati dan jiwa mampu mengontrol segala sesuatu yang akan terjadi di luar nalar.

    3. Multi Attitude
    Menjadi pemimpin dituntut untuk profesional dalam menghadapi segala permasalahan yang dihadapi, sikap dam wibawa haruslah bisa mampu membuat suasana seakan-akan tidak terjadi masalah, menyesuaikan sikap kepada siapapun dan dalam hal apapun untuk bisa menjaga sebuah keharmonisan dalam menuju suatu tujuan.

    Menjadi seorang pemimpin itu artinya Anda akan menjadi seseorang yang akan selalu berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai karakteristik, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Maka dari itu perlu sikap dan kualitas yang memumpuni dalam memimpin, agar yang kita pimpin merasakan manfaat dari semua kebijakan yang kita ambil.


    Oleh : Roja Rohmatulloh
    Founder Rumah Pemimpin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Ekonomi & Bisnis

    +