Inilah 3 hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin maupun calon pemimpin


Menjadi seorang Pemimpin tidak lepas dari diri pribadi manusia pada umumnya, semua manusia adalah seorang pemimpin, untuk dirinya sendiri maupun orang lain, untuk Keluarga, Kelompok Masyarakat, Komunitas, Organisasi, Bangsa dan Negara. 

Menjadi pemimpin adalah bentuk dari sebuah keharusan yang dijalankan bagi setiap manusia, tentu tidak semudah yang kita bayangkan, banyak yang mengatakan menjadi pemimpin itu harus memiliki kemampuan tersendiri seperti bijaksana, tegas, adil, dll. Itu semua sudah menjadi pengetahuan umum di kalangan Masyarakat.

Pemimpin mana yang tidak tahu dengan kutipan “Leiden is Lijden” Pepatah kuno Belanda itu dikutip oleh Mohammad Roem dalam karangannya berjudul "Haji Agus Salim, Memimpin adalah Menderita". Pepatah ini memberikan pemahaman mendalam kepada kita bahwa menjadi seorang pemimpin tidaklah semudah yang kita bayangkan, butuh kepribadian yang kuat untuk menjalankannya.

Kemudian bagaimana cara untuk menjadi pemimpin, ini adalah 3 hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin maupun calon pemimpin:

1. Managerial Control
Sistem kontrol manajemen perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, dia harus bisa mengatur seluruh aspek dalam struktur sesuai dengan kondisi yang ada. mengumpulkan dan menggunakan informasi untuk mengevaluasi kinerja berbagai sumber daya organisasi seperti manusia, fisik, keuangan, dan juga organisasi secara keseluruhan mengingat strategi organisasi yang ditempuh.

2. Ketenangan
Memiliki ketenangan adalah sebuah mentalitas yang perlu dikuasai, terkadang kita sering melihat banyak sekali pemimpin yang bijaksana, adil, dan baik. Tapi sulit bagi yang tidak memiliki ketenangan hati dan jiwa, banyak mereka yang terbawa suasana dan pada akhirnya merusak reputasi sebagai seorang pemimpin. Perlunya ketenangan hati dan jiwa mampu mengontrol segala sesuatu yang akan terjadi di luar nalar.

3. Multi Attitude
Menjadi pemimpin dituntut untuk profesional dalam menghadapi segala permasalahan yang dihadapi, sikap dam wibawa haruslah bisa mampu membuat suasana seakan-akan tidak terjadi masalah, menyesuaikan sikap kepada siapapun dan dalam hal apapun untuk bisa menjaga sebuah keharmonisan dalam menuju suatu tujuan.

Menjadi seorang pemimpin itu artinya Anda akan menjadi seseorang yang akan selalu berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai karakteristik, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Maka dari itu perlu sikap dan kualitas yang memumpuni dalam memimpin, agar yang kita pimpin merasakan manfaat dari semua kebijakan yang kita ambil.


Oleh : Roja Rohmatulloh
Founder Rumah Pemimpin

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama