-->
  • Jelajahi

    Copyright © Youth Indonesian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Peduli Lingkungan, PPN Karangantu Adakan Aksi Bersih Sampah Laut

    Selasa, 15 Agustus 2023, Agustus 15, 2023 WIB Last Updated 2023-08-15T08:53:46Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Serang - Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu menggelar Aksi bersih sampah laut dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78 tahun dan Bulan Cinta Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dilaksanakan pada Selasa (15/08/2023) di Pelabuhan Karangantu, Kasemen, Kota Serang.

    Kepala PPN Karangantu Parlinggoman Tampubolon menjelaskan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) secara konsisten mengimplementasikan 5 strategi penerapan ekonomi biru. 

    "Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan 5 strategi penerapan ekonomi biru program prioritasn KKP. Pertama, memperluas wilayah konservasi dengan target 30 persen dari luas perairan Indonesia untuk menjaga dan meningkatkan populasi ikan dan menjaga fungsi serapan karbon. Kedua, menjaga keberlanjutan sumber daya ikan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah, dan meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan penangkapan ikan terukur berbasis kuota. Ketiga, menjaga daya dukung lingkungan melalui budidaya ikan yang ramah lingkungan. Keempat, penataan ruang laut untuk perlindungan ekosistem pesisir dan laut. Kelima, program Bulan Cinta Laut," Ungkapnya.

    Aksi bersih sampah laut menjadi salah satu implementasi 5 strategi KKP dalam penerapan ekonomi biru melalui program bulan cinta laut yang sudah dilaksanakan diberbagai daerah di Indonesia. 

    Ia juga menambahkan, Kegiatan ini merupakan saksi dari semangat dan tekad masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan laut.
    "Kegiatan ini didasari keprihatinan dengan kondisi laut yang semakin tercemar oleh sampah-sampah plastik dan limbah, ini tanggung jawab kita bersama, untuk melakukan tindakan nyata, demi keberlanjutan ekosistem laut yang sehat. Tujuannya untuk mengedukasi kesadaran nelayan dan masyarakat, serta mengkampanyekan pentingnya menjaga laut agar tetap bersih sehingga ekosistem laut menjadi sehat. Laut sehat Indonesia sejahtera,".
    Parlinggoman juga berharap,
    "Dengan semakin tingginya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, aksi bersih sampah laut di PPN Karangantu ini, diharapkan dapat menjadi aksi perubahan kita dalam menjaga kelestarian laut dan ekosistemnya. Semoga semangat positif ini terus berkembang dan menjadikan perubahan nyata bagi lingkungan kita" Tandasnya. 

    Aksi ini diikuti oleh 300 peserta, terdiri dari elemen PSDKP Serang, Loka PSPL, Taruna Taruni Politeknik AUP Serang, Pos TNI Al Karangantu, Koramil, Pol Air Serang Kota, Polsek Kasemen, Muspika Kecamatan Kasemen, Wisata Bahari KSB, Mahasiswa Uniba, dan warga setempat disekitar PPN Karangantu.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Ekonomi & Bisnis

    +