Generasi milenial harus tahu ini: Cara "Memilih" Teman di Media Sosial



Generasi milenial dengan mahirnya menggunakan segala media sosial yang ada. Facebook, instagram, path, snapchat, twitter, youtube, whatsapp, line, google plus, wattpad dan lain sebagainya. Anak milenial hampir semuanya memiliki akun media sosial tersebut. Segala aktifitas dilakukan dimedia sosial. Kurangnya aturan dan kurangnya pengawasan yang baik dari orang tua mengenai penggunaan media sosial oleh anak dan remaja akan berdampak pada perkembangan si anak dan remaja.

Media sosial merupakan media yang berupa situs-situs yang melibatkan teknologi berbasis internet. Media sosial mendorong dan memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi dengan keluarga, teman dan orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama. Baik informasi pribadi (foto dan video) maupun informasi umum (berita dan hiburan). Koneksi melalui media sosial dapat terjadi antara kenalan dan juga orang yang sama sekali asing. Tanpa mengatur pengamanan, media sosial memungkinkan hal itu terjadi.

Ketika anak dan remaja memutuskan untuk bersosialisasi di media sosial tentunya akan berinteraksi dengan orang-orang yang sudah mereka kenal maupun yang belum mereka kenal. Ketika akan mencari teman untuk bersosial di media sosial harus bisa memilih teman yang sekiranya bisa memberikan hal positif pada anak dan remaja. Berikut ini cara memilih teman di media sosial:

1. Memilih teman dengan ketertarikan minat yang sama
2. Memilih teman yang awalnya adalah teman di dunia nyata
3. Memilih teman yang menyenangkan untuk diajak berbincang-bincang
4. Beberapa mengawali pertemanan dengan orang asing (!). Beberapa diantaranya bahkan bertemu di dunia nyata (!)
5. Sudah lebih dulu kenal melalui pertemuan-pertemuan tatap muka komunitas maya

Itulah cara agar anak dan remaja memilih teman di media sosial. Jika hari ini kamu sebagai anak dan remaja, pilihlah teman di media sosial yang bisa mengembangkan potensi kamu dan bisa memberikan informasi-informasi positif seperti informasi beasiswa kuliah, kesehatan, dan yang lainnya. Bagi anda para orang tua yang memiliki anak dan remaja kalau boleh saya saran, tolong berikan pengawasan yang baik kepada anak-anak anda dalam mencari teman di media sosial. Karena anda sebagai orang tua pasti ingin hal yang terbaik untuk anak-anak anda.


Ditulis oleh : Suhenda (Ketua Departemen HUMAS KAMMI Lebak)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama