Lakukan kolaborasi, ajarkan pendidikan lingkungan untuk anak-anak


Youthindonesian- Sabtu, (13/11) rasa riang gembira tergambar di raut wajah anak-anak kampung Ranji, Desa Pabuaran, Kec. Pancanegara, Serang-Banten, saat mengikuti praktek menanam tanaman di sepatu bekas tak terpakai.

"Lucu, belum pernah bikin tanaman di pot sepatu. Kalau sepatunya udah rusak, biasanya langsung dibuang aja, tapi ama kakak-kakak di sini, kita diajarin untuk manfaatin sepatu bekas yang udah rusak, supaya dijadikan pot tanaman" Ungkap Alina, peserta di kegiatan Eco planting.



Selain diajak untuk menanam tanaman di media sepatu bekas, Sanik Radu Fatih selaku fasilitator kegiatan dari Komunitas Rehabilitasi Lingkungan Serang, menjelaskan bahwa anak-anak juga diberikan edukasi ringan tentang lingkungan melalui metode cerita ataupun dongeng. 

"Karena audiencenya anak-anak, jadi kita juga menyesuaikan, kita kasih dongeng ringan tentang dampak buruk merusak lingkungan, kita kasih bahasa yang ringan dan mudah dipahami anak-anak, salah satu muatan konten dongeng atau ceritanya adalah tentang menjaga lingkungan, memilah sampah, dan seputar lingkungan. Baru setelah itu kita ajak mereka praktek menanam tanaman di sepatu bekas tak terpakai"



"Ini salah satu program di departemen kami, yaitu departemen sosial masyarakat, itu kita punya program pengabdian masyarakat. Yang di mana, para anggota di organisasi KAMMI, khususnya anggota baru, kita ajak untuk terjun ke masyarakat, agar mereka bisa belajar bagaimana caranya berada di tengah-tengah masyarakat dan memberikan kebermanfaatan pada masyarakat. Cuma, supaya ada sesuatu yang berbeda, kami coba mengajak berkolaborasi berbagai komunitas, untuk bagaimana caranya supaya sama-sama bisa memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat. Salah satu kolaborasinya yaitu dengan komunitas rehabilitasi lingkungan serang yang punya fokus di bidang lingkungan, minimalnya anak-anak bisa dapat pengetahuan dasar dan kepedulian terhadap lingkungannya." Jelas Roja Rahmatullah, yang saat ini diamanahi menjadi ketua organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMM) UIN Banten.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama