-->
  • Jelajahi

    Copyright © Youth Indonesian
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ReliQ Ajak Sarjana Gelar Kegiatan SABDA di Pulau Tunda

    Rabu, 21 Juni 2023, Juni 21, 2023 WIB Last Updated 2023-06-25T02:00:04Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Serang - Rumah Edukasi dan Literasi Al-Qur'an (ReliQ) mengadakan Kegiatan Sarjana Bakti Desa (SABDA) #4 dengan tema "Penguatan resiliensi komunitas terhadap bencana" yang dilaksanakan pada Rabu-Minggu, 14-18 Juni 2023 di Pulau Tunda, Desa Wargasara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. 

    Muhamad Iip Muflihin, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa sabda itu bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

    "Kegiatan Sabda merupakan salah satu bentuk ucapan rasa syukur para mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya, dan bentuk pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi ke-3, yaitu pengabdian kepada masyarakat" Kata Iip. 

    "Kegiatan Sarjana Bhakti Desa (SABDA) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh perkumpulan RELIQ sejak tahun 2020. SABDA #1 pada tahun 2020, pembagian paket sembako di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Banten, bekerja sama dengan Human Initiative (HI). SABDA #2 pada tahun 2021, meningkatkan minat belajar anak yang dilaksanakan di kecamatan Taktakan. SABDA #3 pada tahun 2022, kegiatan pemetaan Desa partisipatif yang dilaksanakan di kecamatan Gunungsari." Tambah Iip. 

    "Pada tahun ini, kegiatan sabda berlangsung selama lima hari, dari tanggal 14-18 Juni 2023 yang diikuti oleh Perwakilan ReliQ berjumlah 9 orang dan Mahasiswa berjumlah 87 Orang. Adapun bentuk kegiatannya yaitu aksi bersih-bersih sampah laut, edukasi anak melalu mewarnai dan permainan Rupe, pembuatan karya seni publik dari limbah dan sampah, penamaan pohon disekitar pantai dan dermaga Pulau Tunda, dan Focus Group Discussion (FGD)" Tambah Iip. 

    "Ucapan terima kasih kepada stakeholder, dan masyarakat yang telah menerima kedatangan peserta sabda dan mahasiswa di pulau tunda." Tutup Iip. 

    Dalam pelaksanaan kegiatannya, ReliQ bekerjasama dengan Perangkat Desa Wargasara, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pemuda setempat serta 87 mahasiswa dari program studi Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang sedang melaksanakan studi lapangan mata kuliah Studi Masyarakat Pesisir. 

    Dr. Helmi Faizi Bahrul Ulumi, M.Hum, selaku Dosen UIN SMH Banten menyampaikan terima kasih. 

    "Saya selaku perwakilan dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten khususnya dari Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Pulau Tunda atas penyambutannya, kami memohon bantuan dan bimbingannya selama melaksanakan kegiatan disini baik yang mahasiswa yaitu untuk melakukan studi lapangan mata kuliah Studi Masyarakat Pesisir yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh teman-teman dari ReliQ yang juga mengadakan kegiatan Sarjana Bhakti Desa (SABDA) dengan mengusung tema yang sama yaitu Penguatan Resiliensi Komunitas Terhadap Bencana Sampah Laut." Kata Helmi. 

    "Jadi kita ingin mengetahui dan belajar terhadap masyarakat Pulau Tunda, bagaimana masyarakat beradaptasi dengan iklim, cuaca buruk, keterbatasan transportasi dan sebagainya. Oleh karena itu, kami mohon bimbingannya, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan terutama masyarakat Pulau Tunda." Tutup Helmi. 

    Hasyim, selaku Kepala Desa Wargasara, menyambut baik kedatangan mahasiswa dan perkumpulan ReliQ. 

    "Pulau Tunda ini merupakan Desa Wisata perintis, terutama dalam wisata snorkeling dan diving di antara wisata yang ada di kabupaten serang dan kota serang." Kata Hasyim.

    "Terima kasih kepada Perkumpulan ReliQ dan mahasiswa PMI UIN SMH Banten yang sudah melakukan kegiatan di Pulau tunda, kami menerima siapapun dengan baik yang ingin melakukan kegiatan disini." Kata Hasyim.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Ekonomi & Bisnis

    +