Serba-serbi Momen Pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika

(Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah pramusim MotoGP 2022, Foto: IG @themandalikagp)


Youthindonesian - Gelaran Pramusim MotoGP 2022 sedang berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB, selama tiga hari sejak Jum'at lalu (11/02) sampai Minggu hari ini (13/02). Para pebalap MotoGP menjadi sorotan warganet dan mereka yang mengidolakan para pebalapnya.


Selalu ada cara dan ide unik yang dilakukan oleh warga untuk menikmati momen menonton pacuan kuda besi tersebut.


Dikutip oleh youthindonesian.com melalui kompas.com pada 13 Februari 2022.


Berburu Selfi Bersama Pebalap


Seorang warga bernama Slamet Supriyatna (19). Sengaja mencari momen yang tepat untuk bermain di kawasan pantai agar bisa bertemu para pebalap.


Slamet mengaku tak pernah menyangka akan bertemu dengan pebalap MotoGP idolanya, Marc Marquez. Ia sengaja berkunjung ke pantai Seger di Mandalika, untuk bisa bertemu dengan pebalap MotoGP yang sedang bersantai sebelum menjajal Sirkuit Mandalika saat tes pramusim.


"Memang sengaja ingin ke pantai, berharap untung-untungan bertemu pebalap di tengah jalan" kata Slamet seperti dikutip youthindonesian.com dari kompas.com Minggu, (13/02).


Slamet bertemu Marc Marquez pada Selasa (8/02). Awalnya ia hendak pergi ke Bukit Marese. Namun, ditengah perjalanan, ia berubah pikiran. Slamet memutar kendaraan menuju pantai Seger. Di sana, ia melihat Marc Marquez duduk dekat patung Putri Mandalika.


(Slamet Supriyatna berhasil selfi dengan Marc Marquez, Dok. kompas.com)


Remaja itu grogi saat melihat idolanya. Sedangkan Marquez, duduk santai sambil meminum kelapa muda. Walau agak gugup, Slamet memberanikan diri untuk meminta berswafoto dengan berkata take picture. Karena jawaban yang samar dari Marc Marquez, ia mendekat untuk memperjelas apakah di izinkan atau tidak, dan ternyata Marquez menjawab come on hurry up. Akhirnya Slamet berhasil untuk mendapat foto Selfi bersama pebalap idolanya.


Menonton dari atas Bukit


Salah satu warga bernama Dedi yang tinggal di sekitaran Bundaran Senggung Mandalika, Lombok Tengah, NTB, mencoba peruntungan dengan menonton gelaran pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit.


Bukit tersebut ramai di datangi penonton dari berbagai umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa asik menonton dan berfoto. Tikungan 15, 16 dan 17 Sirkuit Mandalika juga dapat terlihat dari atas bukit itu.


(Ibu-ibu sedang berselfi, Dok. kompas.com)


Sementara Dedi sengaja naik motor dari rumahnya menuju Sirkuit Mandalika untuk menonton pramusim MotoGP 2022 dari atas bukit.


"Saya naik motor dari rumah. Mau nonton di sini mumpung masih gratis," ungkap Dedi.


Dalam kesempatan itu, Dedi juga mengungkap kondisi bukit tempat ia menonton pada Sabtu (12/02) lalu, di jaga ketat oleh petugas keamanan ketika berlangsung World Super Bike (WSBK).


Lebih lanjut, ia memprediksi jika bukit tempatnya menonton pramusim MotoGP 2022 kemarin, akan ditutup pada saat MotoGP Indonesia digelar akhir Maret mendatang.


"Mungkin bukit ini juga akan ditutup waktu balapan bulan depan. Bisa saja lebih ketat. Jadi, mumpung masih gratis saya nonton sekarang," tandasnya.


Sirkuit Mandalika seperti lintasan Motorcros


Peraih gelar juara dunia MotoGP musim 2021, Fabio Quartararo yang dijuluki El Diablo, memberikan kesannya setelah menjajal Pertamina Mandalika International Street Circuit.


Dilansir dari laman yamaha-racing.com, Minggu (13/2/2022), Fabio menyebut kondisi Sirkuit Mandalika seperti lintasan motorcross. Hal itu akibat guyuran hujan yang membuat sirkuit menjadi kotor.


(Fabio Quartararo, Dok. yamaha-racing.com)


"Sejujurnya, saya sangat senang karena pagi ini sangat sulit. Kondisinya seperti lintasan motorcross," ucap Fabio dikutip dari yamaha-racing.com, Minggu (13/2).


Lebih lanjut, Fabio berpikir jika sirkuit Mandalika seperti Qatar dan Thailand, serta Argentina. Ia juga merasa tikungan di Mandalika cukup bagus.


"Saya pikir sirkuit ini seperti Qatar dan Thailand serta Argentina, dimana saya mengalami pengereman yang cukup berat. Saya rasa tikungan di Mandalika bagus," ucapnya.


Fabio pun menegaskan bahwa ia menganggap semua sirkuit adalah sama, begitu pun Sirkuit Mandalika. Menurutnya, tidak ada lintasan yang bisa memberikan keunggulan bagi Yamaha.


"Saya tidak menganggap trek apapun sebagai "trek Yamaha", karena menurut saya itu keliru. Saya melihat ini sebagai sirkuit normal, dan saya akan memberikan yang terbaik. Ini adalah mentalitas terbaik," Tandasnya.


Itulah beberapa momen yang tersaji dalam gelaran Pramusim MotoGP 2022 yang sedang berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB. Perlu diketahui bahwa gelaran MotoGP musim 2022 di sirkuit tersebut akan berlangsung pada akhir Maret mendatang.


Sumber: kompas.com, yamaha-racing.com


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama