Full width home advertisement

Opini

Serba Serbi

Post Page Advertisement [Top]

YOUTHINDONESIAN - Tahun 2022 sudah hampir berakhir hanya menghitung beberapa hari ke depan kita sudah ada di tahun 2023. Biasanya kebanyakan orang menyambut Tahun Baru dengan memanfaatkan momen ini untuk membuat berbagai rencana atau resolusi terbaru. 

Resolusi dapat dideskripsikan sebagai harapan atau impian yang ingin diwujudkan oleh seseorang di tahun selanjutnya. Dalam hal ini dapat dikatakan resolusi merupakan sebuah peringatan dan janji untuk diri sendiri untuk merencanakan perubahan, melakukan hal baru, untuk menjadi yang lebih baik lagi. 

Selain itu, resolusi dapat dimaknai sebagai proses perbaikan diri untuk membuat diri sendiri menjadi lebih baik lagi. Bagi pemuda tentunya resolusi sangat diperlukan, terutama di tahun yang baru karena biasanya pemuda memiliki jiwa yang semangat untuk melakukan hal-hal baru.  

Berikut ini beberapa contoh resolusi yang dapat dilakukan oleh pemuda di tahun 2023

1. Keluar dari zona nyaman

Bagi pemuda biasanya hal yang membuat sulit untuk berubah dan berkembang ialah sulit keluar dari zona nyaman hingga membuat kurang produktif. Jika di tahun 2022 kamu merasakan hal ini, maka resolusi utama yang dilakukan adalah keluar dari zona nyaman. Solusi utama yang dapat dilakukan ialah bisa mulai mencari kegiatan seperti organisasi, kegiatan sosial kerelawanan, hingga meningkatkan kapasitas diri melalui beberapa pelatihan seperti pelatihan public speaking, pelatihan softskill dan lain-lain. 

2. Manajemen waktu

Biasanya kebanyakan anak muda saat ini sulit untuk mengatur waktu baik dalam hal akademik maupun non akademik. Beberapa hal yang perlu kita lakukan ialah mengatur waktu, pada tahun ini manajemen waktu harus lebih diperhatikan. Caranya adalah dengan mencatat kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Selanjutnya, menggunakan jadwal harian yang sudah dicatat tersebut yang dilengkapi dengan to do list.

3. Meminimalisir pengeluaran keuangan

Jika di tahun sebelumnya kita cukup banyak mengeluarkan keuangan dengan barang-barang atau apapun itu yang kurang bermanfaat maka di tahun 2023 kita harus mampu mengatur dan meminimalisir pengeluaran. Mencatat pengeluaran juga bisa menjadi resolusi yang baik di tahun ini. Khususnya bagi teman-teman yang hobi mengeluarkan uang untuk jajan dan nongkrong di caffe shop. Di tahun 2023 sudah mulai mampu meminimalisir pengeluaran untuk hal-hal yang lebih berguna. 

4. Banyak melakukan hal-hal yang positif

Jika di tahun 2022 kita banyak melakukan kegiatan yang kurang positif, di tahun ini diupayakan agar mulai melakukan hal-hal yang positif. Seperti melakukan hal-hal yang baru, mulai menambah relasi melalui kegiatan-kegiatan sosial, dan mencari teman yang vibesnya positif. 

5. Banyak membaca buku

Kegiatan membaca buku dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Mulai mencoba pelan-pelan membaca buku dari yang ringan hingga yang berat dan terkini agar wawasan kita terus bertambah. 

6. Berhenti menunda pekerjaan

Jika di tahun 2022 banyak pekerjaan yang tertunda karena alasan malas, maka mulai di tahun 2023 untuk bangkit dan berhenti menunda pekerjaan. Hal ini dapat dilakukan dengan mencatat to do list hingga membuat skala prioritas yang harus dikerjakan. 

7. Memiliki pola tidur yang baik

Banyak pemuda yang pola tidurnya kurang baik dikarenakan bermain game, nongkrong di caffe shop, hingga bermain media sosial di gadget. Kegiatan-kegiatan ini mulai diminimalisir dan mulai tidur dengan pola tidur yang baik jangan bergadang. Hal ini dapat bernilai positif karena hasilnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Penulis : Febby Prayoga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Bottom Ad [Post Page]